Welcome My Blog Village


Kamis, 28 Februari 2013

Inspektorat Audit ADD Lembanna

BULUKUMBA – Inspektorat Kabupaten Bulukumba menurunkan tim untuk mengaudit alokasi dana desa (ADD) Desa Lembanna,Kecamatan Bontobahari, Bulukumba. 

Hal tersebut menyusul dugaan rekayasa laporan yang dilakukan Kepala Desa Lembanna Amar Ma’ruf untuk pencairan keuangan ADD pada anggaran 2010-2012. Kepala Inspektorat Bulukumba Andi Nurdiana mengungkapkan, 11 orang pegawai yang bergabung dalam tim ini akan mengaudit langsung se-cara keseluruhan ADD Lembanna, mulai dari sistem pencairan keuangan hingga pembangunan fisik,seperti yang diklaim kepala desa sebelumnya. 

“Kami akan mencocokkan semua, apakah pencairan memang sudah sesuai prosedur keuangan atau bagaimana.Selain itu, kami juga akan mengecek langsung pembangunan yang diklaim kepala desa menggunakan anggaran ADD. Ini agar semua jelas dan tidak menimbulkan persepsi yang salah,”katanya kemarin.

Dia menambahkan, dalam proses audit biasanya akan menggunakan waktu yang cukup lama,sehingga hasilnya belum bisa dipublikasikan.Apalagi, sekarang baru tahap pemeriksaan dokumen ADD Lembanna.“ Kami akan mengecek pembangunan yang diduga ada rekayasa pengeluaran uang,” kata mantan Kepala Dinas Pengelola Keuangan Daerah (DPKD) Bulukumba ini. 

Kepala Desa Lembanna Amar Ma’ruf yang dikonfirmasi mengaku,pihaknya tidak takut menghadapi pemeriksaan dokumen ADD yang sedang berjalan ini.Menurutnya,tuduhan adanya rekayasa pencairan anggaran hanya biasa-biasa saja terjadi dalam sebuah sistem pemerintahan. “Kami menganggap kritik warga itu sudah benar.Itu haknya mencurigai setiap kegiatan ada rekayasa,” katanya kepada SINDO kemarin. 

Dia menjelaskan, dirinya akan menghormati proses yang ada dan tidak mempersulit semua proses audit yang dilakukan Inspektorat Bulukumba. “Saya tidak gentar menghadapi masalah ini,karena kami merasa tidak bersalah dalam pencairan ADD.Warga yang melaporkan ke Inspektorat itu hak mereka.Kami tidak akan menghalangi, kebenarannya silakan tunggu hasil audit,”ujarnya. 

Kepala Bidang Pemerintahan Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Bulukumba Andi Rusmin mengemukakan, pihaknya meminta kepada masyarakat Lembanna agar membantu pemerintah mengawal pemeriksaan dokumen pencairan ADD. Sebab, ikut serta warga dalam mengawasi ADD dianggap bisa menghindari terjadinya rekayasa pencairan keuangan. syamsir 

Sumber : http://www.koran-sindo.com/node/297543

0 komentar:

Posting Komentar